Minggu, 04 Mei 2008

Lah Tahzan

Mungkin bagi yg tak mengerti arti dari Lah Tahzan mungkin akan berpendapat apa artinya, apa buku ini menarik untuk dibaca???

Ehm.. Q pun ketika memegang pertama kali juga bingung apa artinya kok lanjutan kalimatnya "menjadi remaja bebas strez N selalu happy" Lalu Q pun melihat resensi yg berada dibelakang. Oh... ternyata Lah Tahzan itu artinya jangan bersedih yg sebenarnya berasal dari La Takhaf wa la tahzan (Jangan takut dan jangan bersedih).

Akhirnya ada pencerahan dari segi arti nya lalu Q berpendapat "Ehm.. pasti buku ini memberikan pencerahan dan tips dalam menghadapi kesedihan". Yup setelah itu Q mantap membawa buku ini kekasir karena menurut naluri dan pendapat Q buku ini sangat bermanfaat ^_^

Setelah sampai dirumah Q lalu membaca dan ingin menghabiskan pada hari itu juga. Tapi ya dikarenakan kegiatan Q baru menghatamkan alias menyelesaikan beberapa hari kemudian. Dari hasil tanggapan awal membeli Q pasti akan mendapat manfaat dari membaca buku Lah Tahzan dan kini Q terbukti mendapatkan manfaat.

Berhubung keadaan mental / psikologi saat membaca sedang tidak stabil alias dalam emosi setelah membaca buku Lah Tahzan Q mendapat manfaat besar dan buku ini menjadi AlQuran dan hadist sebagai sumber ilmu untuk menghilangkan kesedihan.

Q mengutip salah satu isi dari buku tersebut :

katakanlah " tidak ada satu musibahpun akan menimpa kami melainkan yg telah
ditetapkan oleh Allah (dilaut Mahfudz) atas kami..." (QS At-Taubah (9) - 51).

Penjelasan dari kalimat diatas menurut buku tersebut adalah : bersikap pasrah, menerima segala sesuatu yg tidak kita inginkan memang berat namun kemampuan menerima datangnya berasal dari pengalaman. Kemampuan menerima akan berkembang seiring waktu, semakin kuat dan kuat hingga akhrinya sikap pasrah akan berkembang sempurna.

Mudah-mudahan melalui cara tersebut kita bisa tersenyum pada saat mengalami kehilangan, kemunduran, kegagalan. Menerima kenyataan pahit mungkin tidak akan mengubah keadaan tapi kita bisa mengontrol emosi yg bisa memperburuk keadaan.

0 komentar: